Land GrabbingOil PalmProtest
IMG_9752
Masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia berunjuk rasa saat berlangsungnya RT 11 RSPO di Medan.. doc. Save Our Borneo

TRIBUNKALTENG.COM, SAMPIT – Masih buruknya perlakuan perusahaan perkebunan kelapa sawit di Indonesia, termasuk di Provinsi Kalimantan Tengah terhadap karyawan, menjadi sorotan para aktivis lingkungan di daerah ini.

Dia mencontohkan, hingga saat ini masih banyak perusahaan perkebunan yang mengangkut pekerja menggunakan truk bak terbuka sehingga bisa mengancam keselamatan pekerja karena rawan kecelakaan.

Insiden tersebut ternyata belum juga membuat perusahaan tergugah untuk mengutamakan keselamatan karyawan mereka, terbukti dengan masih adanya perusahaan yang menggunakan truk bak terbuka sebagai armada angkutan karyawan.

“Perusahaan sawit memperlakukan buruh semena-mena, diangkut dengan truk angkutan tidak layak, gaji yang tidak memadai dan tidak diasuransikan. Ini terus-terusan menjadi sorotan banyak pihak,” tandas Nordin.

“Memang yang paling menjadi soal sejak dahulu adalah land grabbing (perampasan lahan) yang bahkan tetap dilakukan oleh perusahaan anggota RSPO dan pembeli minyak sawit di Eropa tidak peduli dengan hal tersebut,” sesal Nordin.

Sumber : http://kalteng.tribunnews.com/2013/11/20/aktivis-soroti-buruknya-perlakuan-perkebunan-terhadap-karyawan

=======

 

Share This

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *